Jumat, 17 Agustus 2012

Tips mengatasi Insomnia

Bagi kamu kamu yang sok sok insom. Apakah kamu sering merasa kelelahan sepanjang hari sementara malam harinya tetap terjaga? terus kalau malamnya, kamu sering keinget masa lalu yang sangat mendalam di tempat tidurmu? semakin besar usahamu untuk tidur, tidurpun semakin sulit diperoleh. Sehingga tempat tidurpun menjadi medan perang untukmu. Sadis ya. Jika iya, terbukti kamu kena insomnia.
Insomnia itu sendiri adalah gangguan atau kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk t

idur, bahkan sudah tidurpun masih susah untuk mempertahankannya, misalnya bagun tengah malam.


Insomnia terbagi 3

  • Insomnia transien berlangsung dari hari ke hari bahkan sampai hari minggu, hal ini dapat disebabkan karena perubahan dalam lingkungan tidur atau waktu tidur, depresi berat atau stress. Biasa juga disebut dengan kurang tidur. Efeknya yah kantuk sepanjang hari
  • Insomnia akut ketidakmampuan untuk tidur dengan baik secara konsisten untuk jangka waktu antara tiga minggu sampai enam bulan.
  • Insomnia kronis berlangsung dalam jangka waktu yang panjang sampai bertahun tahun. Efeknya, termasuk kantuk, kelelahan otot, halusinasi, kelelahan mental, penglihatan ganda.
Secara garis besar, Insomnia terjadi karena kebiasaan begadang, cobalah untuk mengatur pola tidurmu, ingat kata bang haji! "Begadang boleh saja kalau ada perlunya"!! apakah bermain twitter sepanjang malam itu perlu??

Baiklah ini tips yang moga moga berguna buat kamu kamu yang sok sok insom.

  1. Olahraga dan pola waktu tidur
    Biar bagaimana pun olahraga sangat penting bagi kita, tapi harus pintar pintar mengatur waktu, misalnya habis tidur siang kira kira 1 jam (tidur siang juga penting, tp jangan kebanyakan), nah sorenya sebelum maghrib kamu olahraga mungkin jam jam 4lahh, olahraganya juga harus yang badannya bergerak semua, apakah itu badminton, basket, dsb. Ini akan memberikan efek kantuk pada malam harinya (usahakan tidur malam juga harus sama setiap harinya, sekiranya 7 jam). Ini sebagai langkah awal jika ingin terhindar dari gangguan insomnia. Oh ya satu lagi, jangan olahraga saat sebelum tidur.
  2. Lingkungan tidur
    Pastikan tempat tidur nyaman dan suhunya sesuai kehendak, kadang kala pula kita sulit tidur di tempat yang sama, alias itu itu saja. Jika mengalami demikian cobalah ke tempat yang asing bagi kamu untuk tidur, jangan di wc.
  3. Makan dan minum
    Jangan makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur. Makan terlalu banyak membuat perut menjadi tidak nyaman, karena sistem pencernaan akan bekerja keras, metebolisme pun menjadi tidak sehat. Minum terlalu banyak juga menyebabkan kebelet pipis, kebelet pipis, dan kebelet pipis. Catatan : makanlah makanan yang ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, dan selesaikan dengan segelas susu hangat, kemudian hanyutlah dalam mimpi yang indah
  4. Mengurangi konsumsi kafein dan yang bersifat stimulan
    Seperti kopi, rokok, alkohol, dan teh. Bukannya lebih cocok minum ini di pagi hari? yah kalau bisa jangan minum dan berhentilah merokok, mendingan minum jus jeruk di pagi hari setiap hari, dijamin jarum penunjuk timbangan berat selalu menuju ke kanan.
  5. Berhenti nonton tv, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur
  6. Melakukan relaksasi
    Contoh kecilnya boleh mendengarkan musik, asalkan lagunya bikin tubuh kamu relaks, coba dengar lagunya insomnia Craig David. Contoh lain, melatih pernafasan, meditasi akan membantu tubuh anda jadi lebih santai sehingga tubuh jadi lebih mudah untuk tidur.
  7. Menjernihkan pikiran
    Ternyata ini juga penting, karena salah satu penyebab terbesar insom itu adanya kekhawatiran atau pikiran negatif lainnya yang ada dikepala kamu. Cara mengatasinya, keluarkanlah! luapkan semua isi pikiranmu kedalam bentuk media baik itu menulis diary, atau curhatan, Shalat bagi yang muslim. Tapi jangan main twitter yah, bisa bisa sampai pagi lagi ga tidurnya. 
Sekian dulu tipsnya, oh ya ada juga cara mengatasinya dengan minum obat, kalau tidak salah obatnya XMAthone plus (belum pernah coba sih). Tapi setelah kubaca baca di internet, efeknya sangat baik kok dan selama ini tidak membahayakan. Terakhir, jangan pernah tidur dengan lampu yang menyala, ini alasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar