Selasa, 21 Agustus 2012

Bahaya menggunakan minuman kemasan plastik berkali-kali

Kamu keseringan pakai botol plastik Aqua dan sebagainya? sebaiknya STOP. Karena sebenarnya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) hanya untuk sekali pakai.

Kalau segelnya dibuka, hendaknya botol tidak dipakai lagi, AMDK dibuat dari bahan polyethylene terephthalate atau PET, yaitu bahan yang mengandung karsinogen (penyebab kanker). Zat ini dikabarkan membahayakan kesehatan tubuh bila diminum. Pemakaian yang berulang-ulang mengakibatkan zat karsinogen akan terlarut dalam air minum yang kamu minum, hiiii. Dan ternyata saat masih tersegel, zat ini belum aktif ! Jadi kalau segelnya sudah dibuka yah habiskan, terus remuk dan buang. Mungkin ini alasan iklan air minum yang kamu liat di tv selain takutnya terjadi tindak pemalsuan produk.


Jika memang terpaksa menggunakan botol lagi, usahakan cuci dulu sebelum pakai. Sabun cuci perabot rumah tangga sudah termasuk standar pencucian.

Kalau ada yang bilang, "buktinya saya pakai berkali-kali toh gak papa" sama aja artinya dengan "pemulung makan makanan dari sampah gak mati". Efeknya memang gak bisa diukur tiap 2 hari, efeknya berkepanjangan.

Lalu bagaimana dengan galon? iya sih, bayangkan saja zat karsinogen dalam galon, lebih banyak kan?
biasanya, kalau ditempat pengisian ulang air minum galon itu kan disterilkan dulu. Tapi sebaiknya periksa dulu itu alat mensterilkannya sudah resmi gak? di rekomendasikan gak? daripada repot mending tukar aja di alfa, indomaret, carrefour kalau tersedia, atau langsung ke AQUAnya. Lebih aman.

So, mulai sekarang segala botol, gelas yang berbentuk kemasan segera kebuang ke tempatnya. Jalanilah hidup yang lebih sehat, eh apa sih kata iklannya itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar